Sekolah Wajib Tumbuhkan Budi Pekerti Siswa
Oleh : Admin ( 11-03-2015 )

JAKARTA - Karakter menjadi kunci berhasilnya upaya pendidikan membangun peradaban. Salah satu langkah mencapai karakter yang baik adalah menumbuhkan budi pekerti siswa di sekolah.Bahkan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan meluncurkan kebijakan yang mewajibkan sekolah untuk menerapkan program penumbuhan budi pekerti. Kebijakan ini harus diterapkan di seluruh jenjang pendidikan, mulai dari tingkat SD, SMP, SMK, dan SMA.

"Budi pekerti ini harus dirasakan karena pertumbuhan karakter harus menjadi tujuan utama pendidikan," ujar Anies di Kemendikbud, Jumat (24/7/2015).

Anies mencanangkan penanaman budi pekerti sebagai sebuah gerakan. Dengan begitu, pembentukan karakter tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tetapi juga seluruh warga sekolah.

"Memang kita harus melihat seorang siswa, guru, kepsek sebagai individu yang sudah memiliki bekal karakter yang baik. Tugas kita berikutnya adalah membagi karakter tersebut tumbuh," imbuhnya.

Nilai-nilai mengenai budi pekerti ini diatur dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015. Mantan rektor Universitas Paramadina itu menambahkan, peluncuran nilai-nilai budi pekerti tersebut turut disebarluaskan oleh media sosial.

"Kami menyiapkan materi gerakan, tetapi yang menggerakkan adalah kita semua. Karena itu, terima kasih," tutur Anies.