Profil Para Pembina Di SMP Negeri 1 Prembun
Oleh : admin ( 06-09-2016 )

Sebuah sekolah memiliki karakternya masing-masing. Ada sekolah yang berorientasi kepada prestasi akademis dan ada yang non akademis. Meski demikian, semua sekolah mempunyai keinginan untuk dapat berprestasi secara maksimal. Nama besar sebuah sekolah juga ditentukan oleh seberapa banyak prestasi yang berhasil ditorehkan dalam sejarah perjalanan sekolah tersebut.

SMP Negeri 1 Prembun merupakan sebuah sekolah yang selalu berprestasi sepanjang tahun. Dari sekolah ini, banyak didulang penghargaan-penghargaan mulai dari tingkat kabupaten sampai dengan prestasi nasional. Melihat dari banyaknya prestasi yang diraih, maka bisa kita pastikan bahwa sekolah ini memilki para guru yang berkarakter kuat. Didukung dengan input peserta didik yang cukup tinggi, berpadu dengan kemampuan para gurunya, maka tidak heran jika SMP Negeri 1 Prembun menjadi salah satu sekolah favourite pencetak prestasi di Kabupaten Kebumen.

Jika kita telusuri lebih jauh, prestasi yang dicapai oleh sekolah tidak terlepas dari peranan para pejuang pendidikan yang berada dalam sekolah. Bapak ibi guru sebagai ujung tombak pencapaian cita-cita sekolah, tidak bisa dianggap sepele. Ditangan merekalah para peserta didik memperoleh fasilitasi sehingga mereka dapat muncul sebagai peraih prestasi. Tidak jarang bapak ibu guru ini mengorbankan waktu, tenaga bahkan materi untuk membimbing dan mengarahkan para peserta didik agar bisa berprestasi.

Rasa bangga dan bahagia menjadi pengobat kelelahan dan kepenatan selama melatih dan membimbing peserta didik, manakala prestasi yang diharapkan dapat diraih. Penghargaan yang sangat sederhana bagi para pejuang yang demikian gigih memperjuangkan anak didiknya agar berprestasi. Lebih-lebih ketika mengetahui bahwa anak didiknya berhasil dalam berkompetisi meraih prestasi tertinggi.

Insan-insan bertangan dingin inilah yang berperan besar terhadap keberhasilan perolehan prestasi bagi SMP Negeri 1 Prembun.

1. Pembimbing Lomba Poster dan Lukis

Pembimbing Poster/Lukis

Dalam berbagai kegiatan Lomba Poster dan Lukis, sosok yang satu ini sudah sangat kesohor. Ditangan beliau, telah lahir banyak jawara. Dengan pengalaman yang telah dilaluinya selama bertahun-tahun, membuat dirinya menjadi lebih matang dan mantap dalam mengelola bakat peserta didik. Berbagai jenis Lomba diberbagai tingkat telah berhasil dibukukan sebagai terbaik. dari tingkat kabupaten hingga nasional, menjadi langganan juara. Semua ini tentu saja tidak dapat diraih hanya dengan angan-angan saja, namun harus dilakukan kerja keras dan rasa tanggungjawab serta pengabdian yang tinggi.

2. Pembimbing KKR

Menjadi seorang wanita tidak membatasi dirinya dalam usaha meraih prestasi. Sudah tak terhitung berapa prestasi yang telah diukir oleh ibu yang satu ini. Dengan kepiawaianya memberikan motivasi kepada peserta didiknya, beliau telah berhasil menorehkan sejarah kembali dengan terpilihnya anak didik beliau dalam lomba Kader Kesehatan Remaja (KKR) baru-baru ini. Dibawah asuhanya, dua orang peserta didik ditargetkan untuk berpartisipasi dalam Lomba KKR tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh Dinas kesehatan kabupaten Kebumen. Dari dua prang yang dikirim salah satu dari mereka berhasil merebut peringkat pertama dan berhak maju ke tingkat Provinsi.

3. Pembimbing Pramuka

Pembina Pramuka

Kegiatan disekolah harus berorientasi pada layanan terhadap peserta didik. Oleh karena itu, sebagai guru kita harus mengetahui kebutuhan peserta didik. Dalam menjalankan tugas-tugas keguruannya, guru akan mempertimbangkan bakat dan minat peserta didiknya. Dalam kegiatan  pembelajaran termasuk pembelajaran mandiri selalu dijumpai adanya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mencapai standar kompetensi, kompetensi dasar dan penguasaan materi pembelajaran  yang telah ditentukan. Melalui pengamatan terhadap perilaku peserta didik dapat kita simpulkan beberapa hal akan bakat dan minat mereka. Oleh karena itu memlalui berbagai kegiatan yang dimotori para profesional ini diharapkan dapat menampung sekaligus menyalurkan keinginan peserta didik.

Pembina Ekskur

Jika anda minat pada bidang yang satu ini, maka anda tidak akan asing dengan wajah yang satu ini. Dengan kepiawaianya mencipta dan menulis puisi, beliau dipercaya untuk membimbing dan mencetak prestasi bidang ini. Sudah banyak prestasi yang dapat diraih meski belum maksimal. Keberhasilan pembimbingan terhadap suatu kemampuan bukan hanya bergantung pada kualitas pembimbingnya saja, lebih penting lagi adalah materi para peserta kegiatan dan kesungguhan untuk berkarya, memjadi faktorm penentu keberhasilan tersebut.

(bersambung)